Skip to content
Home » Ayat-Ayat Fitna PDF DOWNLOAD

Ayat-Ayat Fitna PDF DOWNLOAD

ATAT-AYAT FITNA SEKELUMIT KEADABAN ISLAM DI TENGAH PURBASANGKA
📘 Judul Buku Ayat Ayat Fitna
👤 Pengarang BukuM. Quraish Shihab
🖨️ Jumlah Halaman83
👁️ Jumlah Pengunjung
🌐 BahasaIndonesia
📥 Download bukuTautan Direct Download PDF
🛒 Dapatkan buku fizikKlik untuk buku fizik dari Amazon

Ayat-Ayat Fitna Sekelumit Keadaban Islam di Tengah Purbasangka oleh M. Quraish Shihab

AYAT-AYAT FITNA

Buku kecil yang sedang Anda baca ini bukanlah sanggahan terhadap film Fitna karya Geert Wi lders, Ketua Fraksi Partai Kebebasan (PVV) di parlemen Belanda itu. Film itu kendati menghebohkan tetapi ia terlalu buruk untuk memperoleh kehormatan menanggapinya. Ia sangat jauh dari objektivitas dan persyaratan ilmiah, tidak juga memiliki unsur seni atau ajakan kepada hubungan harmonis antarsesama manusia. Karena itu menanggapinya hanya akan menghabiskan waktu dan energi, sedang masih banyak hal lain yang sangat memerlukan waktu dan energi.

Hemat penulis sikap di atas sejalan dengan pesan al-Qur’an untuk tidak menghiraukan para peleceh dan berpisah meninggalkan mereka guna mencari jalan menuju keselamatan dunia dan akhirat. Allah berfirman melukiskan hamba-hamba-Nya yang mengakui-Nya sebagai ar -Rahmân (Pelimpah kasih): “Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pelimpah kasih itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata perpisahan (demi menuju keselamatan)” (QS. al-Furqân[25]: 63).

Tuntunan di ataslah yang lebih kurang mendasari sikap penulis ketika menampik usul sekian banyak teman yang mengharap agar Pusat Studi al-Qur’an yang penulis pimpin menanggapi film tersebut. Tetapi, beberapa waktu sesudah itu, muncul dalam benak penulis firman-Nya yang menyatakan: “Ambillah yang mudah, perintahkanlah yang baik, dan berpalinglah dari orang jahil” (QS.al-A‘râf [7]: 199).Ayat ini, di samping memerintahkan untukberpaling dari siapa pun yang jahil, jugamemerintahkan mengambil yang mudah dari perilaku manusia yang kandungan pesannya antara lain adalah jangan menuntut yang sulitdari yang bodoh, jangan mengharap cinta daripembenci, jangan juga perilaku yang baik/terlalu baik dari yang jahat, karena setiapbejana hanya mampu menuang apa yangdikandungnya. Di samping kedua tuntunan itu,ayat di atas memerintahkan juga untukmengajak kepada yang baik.

Ketika itu terbetiklah dorongan untuk menulis tentang ayat-ayat al-Qur’an yang digunakan oleh film Fitna mendiskreditkan Islam. Terbetik dorongan itu, namun sekali lagi tujuan utamanya bukan untuk menanggapi atau menyanggah, tetapi untuk menunjukkan kepada umat Islam dan siapa pun yang hendak mengenal Islam, dan juga kepada yang terpengaruh oleh fitnah film Fitna itu, bahwa sungguh ajaran Islam sangat bertolak belakang dengan apa yang mereka suguhkan itu. Ajaran Islam sungguh mengajak kepada kedamaian yang adil dan beradab, dan sedikit pun tidak merestui teror.

Untuk membaca lebih lanjut tentang Ayat Ayat Fitna buku klik butang download untuk mendapatkannya secara percuma

Laporkan tautan rosak
Sokong laman web ini

Klik disini untuk laman web yang sama sekali berbeza*

Leave a Reply

Your email address will not be published.