Skip to content
Home » Implementasi Strategi Pembelajaran Nabi PDF DOWNLOAD

Implementasi Strategi Pembelajaran Nabi PDF DOWNLOAD

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN NABI MUHAMMAD SAW
📘 Judul Buku Implementasi Strategi Pembelajaran Nabi
👤 Pengarang BukuDr. Bunyamin
🖨️ Jumlah Halaman200
👁️ Jumlah Pengunjung

 63 total views,  1 views today

🌐 BahasaIndonesia
📥 Download bukuTautan Direct Download PDF
🛒 Dapatkan buku nyataKlik untuk buku nyata dari Amazon

Implementasi Strategi Pembelajaran Nabi Muhammad SAW oleh Dr.Bunyamin

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN NABI MUHAMMAD SAW

Pendidikan Islam sebagai suatu proses pengembangan potensi kreatifitas murid (peserta didik) bertujuan untuk mewujudkan manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berbudi pekerti luhur, mandiri dan bertanggungjawab terhadap diri sendiri, bangsa, negara dan agama. Pada prinsipnya Islam memandang bahwa segala fenomena alam ini adalah hasil ciptaan Allah dan sekaligus tunduk kepada hukum-hukum-Nya. Oleh karena itu manusia harus dididik agar mampu menghayati dan mengamalkan nilai-nilai dalam hukum Allah tersebut. Manusia harus mampu mengorientasikan hidupnya kepada kekuatan atau kekuasaan yang berada di balik ciptaan alam raya serta mengaktualisasikan hukum-hukum Allah melalui tingkah laku dalam kegiatan hidupnya.

Sebagai agama rahmatan li al-‘alamin, Islam mengandung prinsip-prinsip moralitas yang memandang manusia sebagai pribadi yang mampu melaksanakan nilai-nilai moral agama dalam hidupnya. Oleh karena jika tanpa nilai nilai tersebut kehidupannya akan menyimpang dari fitrah Allah yang mengandung nilai Islam yaitu doktrin Islam itu sendiri yang harus dijadikan dasar dari proses pendidikan yang berlangsung sepanjang hayat. Jadi dengan demikian pola dasar yang membentuk dan mewarnai sistem pendidikan Islam adalah pemikiran konseptual yang berorientasi kepada nilai-nilai keimanan, nilai-nilai kemanusiaan, serta nilai-nilai moral (akhlak) yang secara terpadu membentuk dan mewarnai tujuan pendidikan Islam, sedangkan usaha pencapaian tujuan pendidikan sesuai dengan pola dasar tersebut berlangsung dalam satu strategi pendidikan Islam. (M. Arifin, 1996: 57).

Dilihat dari alur perspektif sosiokultural, aktivitas pendidikan dan kegiatan pembelajaran merupakan suatu proses kreatif budaya dan proses pembudayaan manusia yang berlangsung secara dialektik, sinergis, integral dan total dalam seluruh aspek kehidupan manusia itu sendiri. Proses penanaman nilai-nilai budaya dan aktivitas pembudayaan yang kreatif ini berlangsung sepanjang dinamika kehidupan manusia, dari satu kurun waktu ke kurun waktu berikutnya dan dari satu generasi ke generasi berikutnya. (Ismail, 2003:2).

Pada sebagian lembaga pendidikan umum (bukan lembaga pendidikan Islam) yang juga mengajarkan pendidikan agama masih terlihat adanya kesenjangan antara sikap, perilaku dengan akidah dan akhlakul karimah. Tujuan pendidikan yang sesungguhnya belum dapat tercapai yaitu: berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab. (UU Sisdiknas 2003 bab II pasal 3) nilai nilai Islam tidak lagi tampak pada sebagian peserta didik, dunia pendidikan belum sepenuhnya mampu memberikan hasil sebagaimana yang dicita-citakan, yaitu menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan. Keringnya rasa hormat seorang murid terhadap guru, pergaulan bebas yang semakin merisaukan, serta perilaku buruk lain yang jauh dari nilai-nilai Islam mengindikasikan belum tertanamnya nilai nilai pendidikkan Islam terhadap sebagian peserta didik.

Untuk membaca lebih lanjut tentang Implementasi Strategi Pembelajaran Nabi buku klik butang download untuk mendapatkannya secara percuma

Laporkan tautan rosak
Sokong laman web ini

Klik disini untuk laman web yang sama sekali berbeza*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *