Skip to content
Home » Makna Sabar PDF DOWNLOAD

Makna Sabar PDF DOWNLOAD

MAKNA SABAR
📘 Judul Buku Makna Sabar
👤 Pengarang BukuMamane Kirana
🖨️ Jumlah Halaman24
👁️ Jumlah Pengunjung

 94 total views,  1 views today

🌐 BahasaIndonesia
📥 Download bukuTautan Direct Download PDF
🛒 Dapatkan buku nyataKlik untuk buku nyata dari Amazon

Makna Sabar Oleh Mamane Kirana

MAKNA SABAR

Kata kunci dari menjalani seluruh kehidupan manusia adalah sebuah kesabaran. Kesabaran adalah kata sifat yang juga berarti kata kerja, why? Karena sabar itu bentuk kerja hati yang aktif berupaya terus-menerus meningkatkan kesabaran hingga ke tingkat yang tertinggi yang dimampuinya.  Sabar sering kali diartikan secara pasif, nerimo dan lemah. Padahal kesabaran memerlukan kekuatan mental, keyakinan yang kuat, dengan latihan yang terus-menerus mempertangguh diri dan mengaktifkan diri untuk menjadi lebih baik , lebih kuat, lebih tahan, lebih ikhlas, lebih mudah memaafkan, dan lebih semangat dalam melakukan aktifitas. Dan sabar itu bertingkat-tingkat selain juga berbeda-beda. Bisa jadi dalam menahan amarah, seseorang bisa sabar, tapi di bidang komitmen orang lain lebih sabar daripada dia. Jadi pameo yang salah kaprah bahwa sabar itu ada batasnya sebaiknya kita buang jauh-jauh, karena akan mempengaruhi reaksi kita ketika menghadapi suatu masalah, terlebih yang rumit dan berat. Dan ujian yang kita terima juga beragam macam dan tingkat kesulitannya. Allah Yang Maha Adil telah menyesuaikan antara ujian dan kemampuan serta keimanan setiap manusia.

Ujian merupakan kasih sayang Allah, lho kok? Wong rumah kebakaran kok kasih sayang? Badan terkena penyakit kok kasih sayang? Keluarga meninggal, kok kasih sayang? Logikanya mana? Hmm seakan logika kita dijungkir-balikkan dengan kondisi yang ada. Untuk itulah pentingnya ilmu. Hanya dengan berilmu dan terus belajar menempa diri serta senantiasa yakin kepada Allah, baru kemudian dengan seizinnya kita diberi kepahaman, hikmah di balik sebuah ujian. Ujian yang paling berat diterima adalah ujiannya para nabi, kemudian di bawahnya, kemudian level di bawahnya lagi, demikian seterusnya. Ambil contoh, kesabarannya Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam ketika hendak dibakar oleh raja Najsi, kemudian malaikat Jibril hendak menolong, tetapi karena kesabaran dan keyakinan Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam di atas keimanannya para malaikat pada saat itu, maka Allah memberikan pertolongan untuk mendinginkan api dengan suhu yang tidak membakar Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam dan beliau lulus dalam ujian tersebut. Begitu pula ketika ada perintah Allah melalui mimpi, (mimpi para Nabi adalah wahyu) untuk menyembelih anaknya, Ismail ‘Alaihissalam, keduanya dengan keyakinan yang kuat dan kesabaran yang tak tertandingi melaksanakan perintah tersebut.

Aha! Kalau kita, melihat anak orang yang seringkali membuat masalah dan menjengkelkan orang tuanya, jarang pulang, sulit dinasihati, sering melawan, sering kali geram dibuatnya, ada godaan sekilas ingin menyembelihnya hehehehe. Tentu saja ini hanya sekedar joke! Pada level bawah dari para nabi, ambil contoh kesabaran seorang tabi’in, ‘Urwah bin Zubair, yang kakinya harus dipotong sebelah dan pada saat yang bersamaan anaknya meninggal dunia akibat dimakan serigala. Kata tabi’in tersebut (singkatnya), “Alhamdulillah, Ya Allah aku telah lama memiliki dua tangan dan dua kaki tapi baru sekarang Kau ambil satu, dan aku memiliki tujuh orang anak dan masih Kau sisakan enam.”1 Subhanallah, betapa keyakinan yang tinggi itulah yang mampu membawa para sahabat pada tingkat kesabaran seperti itu dan akhirnya memenangkan ujian, sehingga ia tetap tenang, istiqomah dan optimis. Bagaimana dengan kita?

Untuk membaca lebih lanjut tentang Makna Sabar buku klik butang download untuk mendapatkannya secara percuma

Laporkan tautan rosak
Sokong laman web ini

Klik disini untuk laman web yang sama sekali berbeza*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *