Skip to content
Home » Sistem Pengobatan Penyakit Islami PDF DOWNLOAD

Sistem Pengobatan Penyakit Islami PDF DOWNLOAD

SISTEM PENGOBATAN PENYAKIT ALA NABI MUHAMMAD SAW
📘 Judul Buku Sistem Pengobatan Penyakit Islami
👤 Pengarang BukuMuhammad Vandestra
🖨️ Jumlah Halaman21
👁️ Jumlah Pengunjung

 107 total views,  1 views today

🌐 BahasaIndonesia
📥 Download bukuTautan Direct Download PDF
🛒 Dapatkan buku nyataKlik untuk buku nyata dari Amazon

Sistem Pengobatan Penyakit Islami Ala Nabi Muhammad SAW oleh Muhammad Vandestra

SISTEM PENGOBATAN PENYAKIT ISLAMI ALA NABI MUHAMMAD SAW

Sistem Pengobatan Islami

Islam adalah agama yang sempurna (kamil) dan menyeluruh (syamil). Islam mengatur kehidupan manusia dalam berbagai aspek termasuk dalam dunia perawatan dan pengobatan. Allah swt yang maha pengasih dan penyayang kepada umat manusia, melalui kekasih-Nya Rasulullah, Allah mengajarkan kepada manusia cara merawat dan memelihara kesehatan.

Thibun Nabawi

Pengobatan ala Nabi biasa dikenal dengan sebutan Thibun Nabawi sekitar abad ke-13 yang diperkenalkan oleh Syekh Ibnu Qoyyim Al Jauziah didalam kitabnya Zaadul Maad. Thibbun nabawi mengacu terhadap semua perkataan, pengajaran, dan tindakan Rasul yang berkaitan dengan pengobatan atau penyembuhan suatu penyakit. Termasuk tindakan medis yang dilakukan sahabat atau orang pada zaman Rasul. Pengobatan Ala Nabi dapat diyakini dan bersifat pasti (qath’i) karena berasal dari wahyu dan misykat Nubuwwah, bernuansa illahiah, alamiah, dan ilmiah yang berasal dari kesempurnaan akal melalui proses berfikir (aqliyah).

Illahiah bermakna bahwa segala penyakit berasal dari Allah swt dan Allah swt pula yang menyembuhkan penyakit tersebut. Sementara manusia berikhtiar bersungguh-sungguh menggunakan ilmu yang diberikan Allah SWT kepadanya. Sebagaimana sabda Rasulullah: ”Berobatlah kamu karena sesungguhnya Allah swt yang menurunkan penyakit dan Dia juga yang menurunkan obatnya”. (H.R. Ahmad). Oleh karena itu, dalam menjalankan pengobatan tidak hanya berfokus pada khasiat obat tertentu melainkan juga harus disertai dengan keyakinan bahwa Allah lah yang menyembuhkan. “Setiap penyakit ada obatnya. Maka bila obat itu mengenai penyakit akan sembuh dengan izin Allah SWT.” (HR. Muslim)

Alamiah bermaksud segala pengobatan yang dilakukan Nabi menggunakan sumber-sumber alam yang ada di muka bumi seperti tumbuh-tumbuhan, batu-batuan, hewan, dan lain sebagainya.

PRINSIP-PRINSIP PENGOBATAN DALAM ISLAM

  • Keyakinan bahwa yang menyembuhkan adalah Allah SWT. Pengobatan harus dilakukan secara ihsan dan sesuai dengan syari’at islam (Al-Qur’an dan As-Sunnah).
  • Menggunakan obat halal dan thoyyib (baik), serta tidak sekali-kali menggunakan obat-obatan yang haram atau tercampur dengan bahan yang haram.
  • Pengobatan yang tidak membawa mudharat (bahaya), tidak mencacatkan (merusak) tubuh.
  • Tidak berbau takhayul, khurafat, dan bid’ah.
  • Mencari yang lebih baik, berdasarkan kaedah Islam dan ilmu-ilmu perobatan.
  • Mengambil sebab melalui ikhtiar (berusaha) serta tawakal (berserah diri).

Untuk membaca lebih lanjut tentang Sistem Pengobatan Penyakit Islami buku klik butang download untuk mendapatkannya secara percuma

Laporkan tautan rosak
Sokong laman web ini

Klik disini untuk laman web yang sama sekali berbeza*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *