Skip to content
Home » HAMKA (2001; 1990) Tafsir Al-Azhar Jilid 10, Cet 4 pdf

HAMKA (2001; 1990) Tafsir Al-Azhar Jilid 10, Cet 4 pdf

book-icon-openmaktabaBook Title: HAMKA (2001; 1990) Tafsir Al-Azhar Jilid 10, Cet 4
number-of-pages-icon-openmaktabaTotal Pages: 848
book-size-in-mbs-openmaktabaPDF Size: 57.04 Mb(s)
number-of-page-views-icon-openmaktabaBook Views:

Loading

used-language-icon-openmaktabaLanguage: Malay
reading-the book-icon-openmaktabaRead Online: Click to Read the Book Online
downloading-the book-icon-openmaktabaBook Download: PDF Direct Download Link

HAMKA (2001; 1990) Tafsir Al-Azhar Jilid 10, Cet 4.pdf

Juzu 15 mengandung dua Surat, yaitu pertama Surat al-Isra’, yang berarti Isra’ atau perjalanan Nabi kita Muhammad s.a.w. dari Masjidil-Haram ke Masjid al-Aqsha. Dinamai dengan demikian, karena dibangsakan kepada ayat pertama dari Surat ini yang memberikan pujian dan tasbih kepada Allah, yang memperjalankan hambaNya di malam hari yang bersejarah itu. Akan diuraikan pendapat-pendapat Ulama Tafsir tentang Isra’ dan Mi’raj.

Surat ini pun dinamai juga Surat Bani Israil dibangsakan kepada ayatnya yang kedua, yang menyebut bahwa Musa diutus kepada Bani Israil, dan di- bayangkan selanjutnya kerusakan-kerusakan yang akan diperbuat oleh Bani Israil itu dan kecelakaan yang akan menimpa mereka karena memungkiri janji yang telah diikat dengan Allah. Kemudian itu banyaklah bertemu di dalam surat ini betapa perjuangan Nabi Muhammad s.a.w. sendiri, bagaimana mestinya beliau memperkuat rohnya menghadapi tugas yang berat, bagaimana caranya dia mendisiplin diri sendiri agar yang dicita berhasil.

Surat yang kedua ialah Surat al-Kahfi. Dalam surat ini bertemulah kisah Ash-habul Kahfi yang terkenal itu; anak-anak muda beberapa orang banyaknya meninggalkan kampung halamannya agar bebas menegakkan keyakinannya dari gangguan orang musyrik yang masih mempersekutukan Tuhan. Diriwayat- kan juga pendapat sarjana penyelidik sejarah di mana letak gua Kahfi, atau ngalau itu.

Sesudah cerita Pemuda di gua Kahfi itu, terpenting lagi isi surat ini tentang pertemuan di antara Nabi Musa dengan Nabi Khidhir, tentang perbuatan- perbuatan Nabi Khidhir yang tidak disetujui oleh Musa, karena Musa tidak sabar menunggu tafsir dari perbuatan itu. Akhirnya setelah tiga kali perbuatan ganjil dan tiga kali Musa bertanya, terpaksalah mereka berpisah dan seketika akan berpisah itulah Khidhir memberitahukan rahasia dari perbuatan- perbuatannya yang dipandang ganjil oleh Musa itu.

Setelah itu bertemulah kita dengan kisah Dzul-Qamain: Siapa beliau sebenarnya, bagaimana penafsiran ahli-ahli tafsir tentang dirinya. Dan diterang- kan juga tentang tafsir apa yang dimaksud dengan Ya’juj dan Ma’juj, yang di- katakan membawa kerusakan ke muka bumi. Siapakah orangnya, dari mana datangnya, adakah dia itu bangsa atau suku atau kaum atau perorangan

To read more about the Hamka 2001 1990 Tafsir Al Azhar Jilid 10 Cet 4 Pdf bookClick the download button below to get it for free

Report broken link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *